BAHAS
Vol 33, No 4 (2022): BAHAS

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH 8.0 PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Yusrawati Jr Simatupang (Universitas Bina Bangsa Getsempena)
Rika Kustina (Unknown)
Wahidah Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

This study aims to improve the ability to read the beginning by using Macromedia Flash 8.0 media in class I students of SDN Limpok Aceh Besar. This research is a Classroom Action Research (CAR). The research subjects were students of Class I SDN Limpok Aceh Besar totaling 31 students with details of 15 students and 16 students. The design in this study uses the Arikunto model consisting of Plan, Act and Observe, and Reflect. This research takes place in two cycles. The data collection method used is test and observation. Data analysis techniques using qualitative and quantitative descriptive descriptive. Research shows that the use of Macromedia Flash 8.0 can improve reading skills in the beginning of class I students of SDN Limpok Aceh Besar in terms of process and results. In pre -actions, students are only silent during learning. No students ask or argue. In the first cycle, students are still hesitant to argue, have not dared to ask questions, and ashamed to read. In cycle II, students have dared to argue, ask questions and progress. Judging from the results, evidenced by the average value of the beginning of reading skills in the 62.74 pre-action increased to 69.90 in the first cycle and 76.70 in cycle II. The percentage of KKM experienced an increase in pre -actions by 48%, in the first cycle 74%and cycle II was 90%. Suggestions for reading skills The beginning of class I students can increase through one of the media, namely Macromedia Flash 8.0. Keywords: Reading Beginning, Macromedia Flash 8.0 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media Macromedia Flash 8.0 pada siswa kelas I SDN Limpok Aceh Besar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas I SDN Limpok Aceh Besar berjumlah adalah 31 siswa dengan rincian 15 siswa dan 16 Siswi. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari plan, act and observe, dan reflect. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.  Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Macromedia Flash 8.0 dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Limpok Aceh Besar dari segi proses maupun hasil. Pada pratindakan, siswa hanya diam saat pembelajaran. Tidak ada siswa yang bertanya atau berpendapat. Pada siklus I, siswa masih ragu berpendapat, belum berani bertanya, dan malu membaca. Pada siklus II, siswa sudah berani berpendapat, bertanya, dan maju membaca. Dilihat dari hasil, dibuktikan dengan nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan pada pratindakan 62,74 meningkat menjadi 69,90 pada siklus I dan 76,70 pada siklus II. Persentase KKM mengalami peningkatan pada pratindakan sebesar 48%, Pada siklus I 74% dan siklus II yaitu 90%. Saran Keterampilan membaca permulaan siswa kelas I dapat meningkat melalui salah satu media yaitu Macromedia Flash 8.0. Kata kunci: Membaca Permulaan, Macromedia Flash 8.0

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bahas

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal BAHAS memuat kajian-kajian tentang bahasa, sastra, seni dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri ...