Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam pembelajaran daring pada masa covid 19 pada mata pelajaran PPKN, mengidentifikasi pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran PPKN, mengelaborasikan bagaimana cara ,mengatasi kendala dalam pembelajaran daring masa Covid-19 pada mata pembelajaran PPKN. Metode penelitian ini ada yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi dan wawancara. Kemudian teknik analisa data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan kurang cakapnya guru dalam menggunakan aplikasi saat menjalakan pembelajaran.(1) Kretivitas Guru Dari hasil wawancara yang mendalam terkait kreatifitas guru ppkn dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Guru menggunakan handphone dan memakai dua buah applikasi yaitu whatsApp dan zoom meeting yang mudah dimengerti oleh siswa dengan menggunakan applikasi tersebut guru harus cakap menggunakannya. Sehingga menarik minat dan membangkitkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran daring. (2) Kendala Pembelajaran Daring Sulitnya Berdaptasi dengan Pembelajaran Daring, Proses Belajar Siswa Tidak Bisa Dilihat Langsung, Rendahnya Motivasi Siswa untuk Berpartisipasi Aktif dalam PJJ, Turunnya Interaksi Guru dan Siswa, Mahalnya Biaya Internet dan Akses ke Teknologi. (3) Solusi untuk Kendala Pembelajaran Daring, sosialisasi, pelatihan bagi guru yang gagap teknologi,memfasilitasi anak dan guru dalam pembelajaran daring
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023