JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala
Vol 8, No 1 (2023): JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala (Februari)

Kontribusi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Terhadap Pembentukan Moral dan Intelektual Siswa

Hakim, Samsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Pemblajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)  mengandung banyak kisah dan catatan-catan sejarah para pendahulu Islam yang dapat dijadikan sebagai tauladan dalam kehidupan saat ini, karena itu pelajaran sejarah Kebudayaan Islam memiliki peran penting dalam memberikan arah pada kehidupan kaum muslim sepanjang masa.Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kontribusi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan moral dan intelektual siswa. Dengan tujuan untuk mengetahui  bagaimana kontribusi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap pembentukan moral dan intelektual siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research atau kepustakaan dengan content analisys atau analisi isi sebagai Teknik analisis data  karena penelitian ini dilaksanakan melalui pengamatan dan pengalian in formasi-informasi atau data yang bersumber dari berbagai literatur yang terkait dengan penelitian tersebut. Berdasarkan hasil pembahasan maka diperoleh kesimpulan bahawa Pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam memiliki kontribusi besar dalam pembentukan moral dan intelektual. Dengan pemahaman yang baik dan benar terhadap peristiwa-peristiwa yang tersurat maupun tersirat dalam sejarah Islam akan membina, mengarahkan  dan membimbing  siswa dalam pembentukan moral yang islami. Dan dengan  memahami apa yang tersirat dan tersurat dalam peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam sejarah Islam akan melatih siswa dalam berpikir logis, kritis, dan sistematis sehingga akan mengasah kemampuan intelektual siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUPE

Publisher

Subject

Education

Description

The Mandala Education Journal is an educational scientific research article and the results of Social research, Science, Politics, and the results of literature ...