EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Pengembangan Bahan Ajar Chatbot Berbasis Artifical Intelligence pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di Sekolah Dasar

Nyemas Umi Kasmayanti (Instirut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia)
Vidya Setyaningrum (Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia)
Dwi Surya Atmaja (Instirut Agama Islam Negeri Pontianak, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi karena kurangnya bahan ajar berbasis digital, sehingga menimbulkan masalah seperti, menurunya literasi membaca pada peserta didik, pembelajaran kurang efektif membuat peserta didik sulit memahami materi pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kualitas, respon peserta didik pada bahan ajar chatbot berbasis artificial intelligence materi sistem pencernaan manusia dikelas V SDN 04 Pontianak Timur Tahun ajaran 2022/2023 M. Metode penelitan menggunakan Research and Development (R&D), model 4D Analisis penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data mengunakan validasi, angket, wawancara semi trustrukur. Alat pengumpulan data menggunakan lembar validasi, pedoman wawancara dan lembar angket. Teknik analisis data yaitu, data hasil validasi, data hasil wawancara, data hasil angket respon peserta didik. Hasil penelitian 1) proses pengembangan berjalan sesuai dengan prosedur, terdiri 4 tahap yaitu, Define (penetapan), Design (perancangan), Development (pengembangan), Disseminate (penyebaran). 2) kualitas dari 3 aspek yaitu materi, software, bahasa mendapatkan nilai validitas 1 dengan kategori sangat tinggi. 3) respon peserta didik pada indikator tampilan respon sangat setuju 83%, setuju 17%. Indikator isi penyajian materi sangat setuju 65%, setuju 35%, penyajian gambar sangat setuju 41%, setuju 59%, penyajian tulisan sangat setuju 62%, setuju 38%. Indikator Bahasa respon sangat setuju 96% , setuju 4%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...