EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Sertifikasi Keagamaan Bagi Peserta Didik di MAN 1 Boyolali

Metrahultikultura Metrahultikultura (MAN 1 Boyolali, Indonesia)
Dyah Kumalasari (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

Penanaman karakter religius bagi peserta didik merupakan bagian penting yang harus ditanamkan sejak dini kepada mereka di sekolah. Terdapat berbagai program yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah dalam menunjang penguatan karakter religius bagi peserta didik, satu diantaranya melalui program sertifikasi keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara narasi yang dilakukan MAN 1 Boyolali dalam menanamkan karakter religius dan penguatan teknik karakter religius melaluiĀ  program sertifikasiĀ  keagamaan bagi peserta didik MAN 1 Boyolali. Pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Sertifikasi Keagamaan Peserta didik di MAN 1 Boyolali melalui tiga tahapan, yang pertama Matrikulasi atau pemberian materi oleh para Guru Penguji kepada para peserta didik, yang kedua yaitu Pelaksanaan Ujian Sertifikasi oleh para peserta didik kepada masing-masing Guru Penguji tiap bidang, dan yang ketiga ialah pemberian sertifikat. adanya sertifikasi keagamaan ini menambah kuatnya karakter religius pada Peserta didik MAN 1 Boyolali yang tercermin dari perilaku, sikap kebiasaan kegiatan mereka yang syarat akan kompetensi keagamaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...