EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Pengembangan E-Modul Belajar dan Pembelajaran Bernuansa Hasil Riset Kependidikan

Nurul Fauziah (Universitas Islam Riau, Indonesia)
Oktariani Oktariani (Universitas Islam Riau, Indonesia)
Rahmawati Rahmawati (Universitas Islam Riau, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

E-modul merupakan salah satu bahan ajar yang          dikemas dalam bentuk elektronik, sistematis yang memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik di dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan mahasiswa yang telah dilakukan diperlukan adanya pengembangan e-modul belajar pembelajaran bernuansa hasil riset. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas e-modul belajar dan pembelajaran benuansa hasil riset kependidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) menggunakan model pengembangan Plomp. Teknik pengumpulan data berupa lembar self evaluation, lembar wawancara, lembar validasi, dan dokumentasi. Data yang didapatkan akan dianalisis secara deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahapan self evaluation penulis sudah melakukan pengecekan terhadap kelengkapan e-modul yang dikembangkan berdasarkan panduan penyusunan perangkat pembelajaran dan bahan ajar dan dinyatakan telah lengkap dan sesuai. Selanjutnya dilakukan validasi oleh validator ahli materi dengan nilai 3.7 kategori sangat valid dan validator ahli media dengan nilai 3.6 kategori sangat valid. Rata-rata nilai validasi dari kedua validator adalah 3.7 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan validitas e-modul belajar dan pembelajaran benuansa hasil riset kependidikan dinyatakan sangat valid

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...