All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 2: Juni 2022

Analisis Pelaksanaan Pemasaran dalam Upaya Memperkenalkan Produk Bulog pada Masyarakat di Kota Sibolga

Kaharuddin Kaharuddin (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Alwashliyah Sibolga Tapanuli Tengah)
Reli Sinaga (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Alwashliyah Sibolga Tapanuli Tengah)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Kansilog Perum Bulog di Kota Sibolga untuk mengetahui: Analisis Pelaksanaan Pemasaran dalam Upaya Memperkenalkan Produk Bulog pada Masyarakat di Kota Sibolga (Study Kasus di Kansilog Sibolga). Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian komparatif yang menguraikan dan membandingkan tentang pelaksanaan pemasaran dengan upaya dalam memperkenalkan produk bulog pada masyarakat di Sibolga antara melalui pelanggan individu dan melalui RPK (Rumah Pangan Kita). Dengan jumlah sampel sebanyak 30 yaitu 20 pelanggan individu dan 10 Sahabat RPK. Instrumen Penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan kuesioner kepada pelanggan dan sahabat RPK, dari hasil penelitian dibuat tabulasi data dengan mengunakan opsi jawaban responden. Dari hasil perhitungan statistik diketahui koefisien antara Pelanggan Individu dan Sahabat RPK adalah sebesar 0.660 dan perbandingan ini adalah signifikan. Besarnya perbandingan antara melalui Pelanggan Individu dan Sahabat RPK adalah 0.4356 atau 44% artinya RPK lebih berperan banyak dalam memasarkan produk Bulog sebesar 56% sedangkan sisanya 44% yaitu melaui pelanggan individu. Perbandingan ini bersifat linear sederhana yang diperoleh persamaan regresi adalah Y=2.214+0.939X menunjukan bahwa perbandingan antara Pelanggan Individu dan RPK kearah yang signifikan. Hipotesis yang diajukan penulis yang berbunyi pada BAB I, dapat diterima karena nilai thitung lebih besar dari ttabel (4.652≥1.701) maka Ho ditolak dan Ha diterima, oleh karena itu hipotesis yang diajukan pada BAB I, dapat “diterima”. Kata Kunci: Masyarakat, Memperkenalkan, Pemasaran, Produk, Upaya

Copyrights © 2022