All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 2: Juni 2022

The Relationship between Study Habits and Learning Outcomes of Class IV Students at SDN 104263 Workshop

Shelly Malinda (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Sujarwo Sujarwo (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mendeskripsi hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN 104263 Bengkel Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu 40 orang siswa kelas IV SDN 104263 Bengkel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebiasaan belajar siswa kelas IV dengan persentase 37,60% tergolong sedang; (2) hasil belajar siswa dengan persentase 37,35% tergolong cukup; (3) ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar dengan adanya thitung ttabel (0,6110,220) dan taraf signifikansi 0,05, korelasi dalam penelitian ini tergolong tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar, dan tergolong tinggi. Saran guru harus memperhatikan dan memantau hasil belajar siswa dengan memberi bimbingan dan motivasi agar lebih semangat dalam belajarnya serta siswa dapat membiasakan diri belajar secara optimal.Kata Kunci: Hubungan; Kebiasaan Belajar; Hasil Belajar; Siswa

Copyrights © 2022