Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences
Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Number 2

Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Awal pada Materi Garis dan Sudut

Nurfia Ridwan (Universitas Cokroaminoto Palopo)
salwah (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Jumarniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsi kemampuan berpikir kritis matematis awal pada materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bua. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bua yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu; (1) tes kemampuan berpikir kritis matematis awal. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan tinggi yaitu terletak pada indikator menginterpretasi, menganalisis, dan mengevaluasi, kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan sedang yaitu terletak pada indikator menginterpretasi dan menganalisis, dan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan rendah yaitu terletak pada indikator menginterpretasi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

venn

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Physics Other

Description

Mathematics and Natural Sciences Education Learning Innovation Development of Mathematics and Natural Sciences Education Sciences Aplication of Mathematics and Natural Sciences Education Actuarial Technology Based of Learning Mathematics and Natural Sciences Study of Learning Mathematics and Natural ...