Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsi kemampuan berpikir kritis matematis awal pada materi garis dan sudut siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bua. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bua yang berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Penelitian ini juga digunakan instrumen pendukung yaitu; (1) tes kemampuan berpikir kritis matematis awal. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualitatif dimana peneliti melakukan reduksi terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan tinggi yaitu terletak pada indikator menginterpretasi, menganalisis, dan mengevaluasi, kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan sedang yaitu terletak pada indikator menginterpretasi dan menganalisis, dan kemampuan berpikir kritis matematis awal siswa dengan kemampuan rendah yaitu terletak pada indikator menginterpretasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022