Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus

Sri Sopiati (Unknown)
Hari Witono (Unknown)
Husniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan belajar anak berkebutuhan khusus di MI Riadusshalihin NW Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian adalah peserta didik yang berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan lembar observasi/pengamatan dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pembahasan didapatkan bahwa bentuk layanan bimbingan belajar yang diberikan kepada anak berkebutuhan khusus di MI Riadusshalihin NW Lombok Tengah adalah 1) Memberikan perhatian lebih ke peserta didik ABK, 2) Melatih komunikasi yang lebih sering kepada ABK, 3) Media pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan ABK, 4) Melatih Sikap ABK, 5) Tambahan alokasi waktu khusus untuk ABK dan 6) Menyesuaikan isi Materi sesuai kompetensi dasar. Kendala yang dihadapi guru dalam memberikan layanan bimbingan belajar yaitu tidak ada GPK, minimnya pengetahuan guru terhadap ABK, tidak ada fasilitas seperti sarana dan prasana yang memadai, dan kemampuan guru yang kurang menguasai pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...