Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Pengaruh Penggunaan LKPD Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa

Triyana Zumratul (Universitas Mataram)
Ida Ermiana (Unknown)
Muhammad Tahir (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan LKPD terhadap hasil belajar PPKn peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peseerta didik kelas V di SDN Inpres Pucuke tahun pelajaran 2022/2023. Jenis sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling, dengan teknik Sampling Jenuh dan diperoleh 12 orang siswa sebagai sampel. Materi PPKn yang dipelajari yaitu perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai sila Pancasila. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes objektif. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, analisis regreasi sederhana, analisis koefisien korelasi dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pada hasil uji normalitas data pretest-posttest diperoleh selisih hasil belajar siswa sebesar 11,67. 2) Pada hasil analisis koefisien korelasi menunjukkan bahwa besar pengaruh hasil belajar PPKn siswa melalui penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yaitu 79%. 3) Pada hasil analisis uji hipotesi atau uji-t menunjukkan bahwa penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif PPKn materi perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai sila Pancasila siswa kelas V SDN Inpres Pucuke tahun pelajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...