Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Pengembangan Media Pakapin (Papan Kantong Pintar) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu

Kurnia (Unknown)
Nurul Kemala Dewi (Unknown)
Nurhasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Penggunaan media sangat penting dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan tuntutan abad 21, guru dan siswa diharuskan mahir dalam penggunaan teknologi, salah satunya penggunaan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran berupa media Pakapin (Papan Kantong Pintar) yang akan membantu menunjang keberhasilan siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas I sekolah dasar. Peneitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Penelitian dikakukan di SDN Tapon, Kecamatan Pringgarata. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrumen yaitu observasi, kuisioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan porsen validasi. Perbedaan media ini dengan media pada penelitian-penelitian sebelumnya yaitu terletak pada bentuk dan isi dari media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media layak digunakan dengan hasil uji validasi media mendapat persentase 90% dengan kriteria sangat layak, hasil uji validasi materi mendapat persentase 90% denga kriteria sangat layak, uji validasi responden siswa dengan memberikan angket pada uji coba kelompok kecil tahap I mendapat persentase 89,58% dengan kriteria sangat baik, uji coba tahap II mendapat persentase 90,17% dengan kriteria sangat baik dan uji coba tahap III mendapat persentase 95% dengan kriteria sangat baik. Media pakapin layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...