Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Implementasi Strategi Active learning pada Muatan IPA

Tanti Irawati (Unknown)
Heri Hadi Saputra (Unknown)
Baik Niswatul Khair (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi active learning pada muatan IPA kelas V SDN 32 Cakranegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 32 Cakranegara. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Impelementasi strategi active learning pada muatan IPA kelas V SDN 32 Cakranegara Tahun Pelajaran 2021/2022, yaitu sudah berjalan cukup baik, dimana guru telah menerpakan sepuluh langkah strategi active learning, mliputi membangun tim, questions students have (pertanyaan dari siswa), assesment search (pencarian penilaian), active knowledge sharing (berbagi pengetahuan), lightening the learning climate (pembelajaran ringan, santai, kreatif), go to your post (pergi ke pos mu), belajar kasus penuh strategi, point-counterpoint, reading aloud (membaca keras), dan active debate (debat aktif).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...