Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 2 (2023): Mei

Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Kelompok B Melalui Metode Bermain Peran

Fatayatun Nurarifiati (Unknown)
Nurhasanah (Unknown)
Baik Nilawati Astini (Unknown)
Fahruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh keterampilan sosial anak yang belum berkembang secara maksimal yang mana anak belum mampu memahami dan mentaati aturan serta belum sabar menunggu giliran pada waktu kegiatan pembelajaran yang memakai aturan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Kec. Sekarbela. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun (kelompok B3) di TK Islam Nurul Iman yang berjumlah 18 orang anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan rumus persentase. Adapun langkah-langkah pelaksanaan kegiatan bermain peran yang akan dilakukan yaitu : 1). Guru memerintahkan anak untuk duduk rapi dengan formasi melingkar. 2). Guru menjelaskan kegiatan bermain peran dan aturan yang akan digunakan. 3). Guru memperkenalkan alat dan bahan yang akan digunakan ndalam kegiatan bermain peran. 4). Guru mengelompokkan anak dalam beberapa kelompok. 5). Guru membagi peran dan membagiakan alat dan bahan yang akan digunakan. 6). Anak mengambil tempat sesuai dengan peran yang telah disiapkan. 7). Anak memainkan perannya dengan baik dan selesai. 8). Guru mendampingi anak hingga selesai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan bermain peran dapat meningkat keterampilan sosial anak kelompok B di Tk Islam Nurul Iman yaitu pada pra siklus diperoleh persentase sebesar 53,45% meningkat pada siklus I menjadi 72,21% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,9% dimana hasil tersebut dikatakan berhasil karena telah sesuai dengan indikator keberhasilan yakni 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa menerapkan metode bermain peran dapat meningkatkan keteranpilan sosial anak kelompok B di TK Islam Nurul Iman Kec. Sekarbela pembelajaran tahun 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...