Jurnal Media Informatika
Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Media Informatika

Analisis Kinerja Pelayanan Kesehatan Dengan Pedekatan Logika Fuzzy Sugeno

Desi Vinsensia (STMIK Pelita Nusantara)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penilain kinerja tenaga kesehatan berdasarkan kualitas pelayanan (quality service) terhadap pasien dengan mengukur kualitas pelayanan pada kategori persepsi dan harapan. Puskesmas adalah salah satu layanan publik pemerintah yang merupakan unit terkecil dalam menjamin pelayanan kesehatan prima bagi masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja pelayanan kesehatan dari segi kepuasan layanan yang diterima oleh pasien. Dalam penelitian ini menggunakan logika fuzzy dengan metode sugeno dengan variable persepsi dan harapan sebagai inputnya dan kepuasan layanan sebagai outputnya. Metode inferensi fuzzy sugeno digunakan agar output yang dihasilkan berupa nilai tertentu yang bersifat tegas (crips) yang akan dibandingkan dengan penghitungan manual. Simulasi dan uji coba yang dilakukan melaluiMatlab 7.7 diperoleh bahwa kualitas pelayanan dalam kategori puas, namun ada beberapa atribut yang perlu ditingkatkan lagi kualitasnya karena memiliki Gap paling negatif dan memiliki nilai rendah dari simulasi jawaban kuisoner responden.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jumin

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

1. IT Infrastructure and Security (ITIS): Information Security and Privacy Digital Forensics Network Security Cryptography Cloud and Virtualization Emerging Technologies Computer Vision and Image Ethics in Information Systems Human Computer Interaction Wireless Sensor Networks Medical Image Analysis ...