IJED
Vol. 7 No. 2 (2022): JOURNAL AL-IBANAH

Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Pada Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam

Ayu Puji Rahayu (STAI DARUL FALAH CIHAMPELAS BANDUNG BARAT)
Aris Somantri (STAI Darul Falah Bandung)
Imam Abdul R (STAI Darul Falah Bandung)
Hevie Setia G (STAI Darul Falah Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Aliyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel Krejcie berjumlah 114 responden. Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah instrumen berbentuk kuesioner. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh simpulan terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran SKI. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi pada tabel koofesien sebesar 0.000. Hasil tersebut menunjukkan nilai sig. kurang dari nilai alpha α = 0.05 atau nilai sig 0.000< α = 0.05. Hal ini mengandung arti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dari analisis pengolahan data tersebut dapat diambil simpulan terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar pada mata pelajaran SKI.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ibanah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

IJED: Islamic Journal of Education is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. Islamic Journal of Education promotes research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions internationally, both formal and ...