Journal Technology and Industrial Engineering
Vol. 1 No. 2 (2023): Maret: Technology and Industrial Engineering

Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Saluran Air PT.SHL

vernando l toruan (Universitas Potensi Utama)
Ismail (Universitas Potensi Utama)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT. SHL. Dalam penelitian ini kualitas layanan meliputi bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Penelitian ini akan mengkaji dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan baik secara simultan maupun sebagian. Besar sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang, dan besar sampel penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan instrumen penelitian menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah aplikasi SPSS 26 untuk analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian (uji t) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai signifikansi untuk masing-masing variabel kurang dari 0,05. Hasil pengujian koefisien determinasi menghasilkan R Square sebesar 0,953. Hal ini menunjukkan 95,3 % variabel kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variabel kualitas pelayanan, sedangkan 4,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JTIE

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal Technology and Industrial Engineering (JTIE) published by the Research Institute of Science, Technology and Arts (RIStecArt). JTIE is a peer-reviewed journal dedicated to exchanging high-quality research results in all aspects of Industrial and System Engineering. Editors invite researchers, ...