Jurnal Sastra Indonesia
Vol 1, No 01 (2012): Jurnal Sasindo

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EDWIN GUTHRIE TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERPEN “NAMAKU DIMAS KARYA KUSNIATY” OLEH SISWA KELAS X SMA GKPI PADANG BULAN MEDAN 2009/2010

Raijon Saragih (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran kemampuan mengapresiasi cerpen dengan menggunakan metode pembelalajarn Edwin Guthrie  dan tidak menggunakan metode Edwin Guthrie. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA GKPI Padang Bulan Tahun Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 160 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 32 orang siswa dari jumlah populasi 160 orang siswa tersebut. Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain one group pre test. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test sebanyak 2020 dengan nilai rata-rata = 63,12, standard deviasi = 7,88 dan termasuk pada kategori  baik 16%, kategori cukup 34%, dan karegori kurang yakni 41% dari kategori sangat kurang 9%. Hasil post test sebanyak 2395 dengan nilai  rata-rata = 74,84, standard deviasi = 8,14 dan dari kategori sangat baik sekali 19%, kategori baik  41,%, kategori cukup 34% dan  kategori kurang yakni 6%. Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sample penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah to sebesar 7,. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=32-1=30. dari df=31 diperoleh taraf signifikasi 5%=2,02. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,02<7, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan mengapresiasi cerpen dengan menggunakan metode Edwin Guthrie, dengan kemampuan mengapresiasi cerpen  tanpa menggunakan metode Edwin Guthrie siswa Kelas X SMA GKPI Padang Bulan Tahun Pembelajaran 2009/2010. Kata kunci : cerpen, metode pembelajaran Edwin Guthrie, mengapresiasi cerpen

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

sasindo

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

urnal Sastra Indonesia (Sasindo) merupakan media publikasi hasil penelitian dan kajian konseptual dalam bidang sastra, media pembelajaran sastra, linguistik, seni budaya, multimedia senimatografi, dan kajian media massa. Bidang sastra memuat tentang ilmu sastra, sejarah sastra, kritik sastra, dan ...