Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 4 (2021): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 2

Improve Student’s Understanding of Mathematics on the Theme of Speed Using Problem Based Learning Models

Teguh Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika materi kecepatan di kelas lima sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus, dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Tahapan setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada setiap pertemuan dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui perkembangan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 77%. Pada siklus II peserta didik yang tuntas setelah melaksanakan post test sebesar 94%. Hasil ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran matematika materi kecepatan di kelas 5A SD Negeri Proyonanggan 09 Batang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...