Jurnal Cyber PR
Vol 1, No 1 (2021)

Penerapan Customer Relationship Management Pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid-19

Rania Nuan Syakila (Fakultas Ilmu Komunikasi Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama))
Novalia Agung Wardjito Ardhoyo (Fakultas Ilmu Komunikasi Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama))



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Penerapan Customer Relations Management (CRM) muncul karena adanya tuntutan kebutuhan komunikasi dengan pelanggan.Pada akhirnya, strategi CRM dapat menentukan sukses atau tidaknya tujuan komunikasi yang hendak dicapai.Sejak pandemi Covid-19, Crematology Coffee Roasters melakukan manuver terhadap strategi CRM mereka.Karena pandemi menyebabkan pembatasan aktivitas di dalam cafe.Sehingga kondisi tersebut sangat berpengaruh terhadap transaksi langsung dengan pelanggan.Transaksi berangsur beralih kepada transaksi tidak langsung.Tantangannya sekarang adalah bagaimana menjaga loyalitas pelanggan di tengah kondisi pendemi, sehingga mereka tetap ingin menikmati produk dari cafe ini.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi CRM Crematology Coffee Roasters dalam menjaga loyalitas pelanggan di tengah pandemi Covid-19.Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Customer Relationship Management (CRM). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus sehingga pendekatannya secara kualitatif. Menggunakan model analisis PR 4 STEP dan model analisis penelitian SWOT-PEST.Pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa, strategi Crematology Coffee Roasters menjaga loyalitas pelanggannya adalah dengan cara aktif di media digital.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cyberpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations ...