Dalam melakukan penyebaran informasi dilakukan perencanaan mengenai kegiatan komunikasi yang dapat mempengaruhi masyarakat untuk mengikuti penyebaran informasi tersebut. Seperti halnya Hubungan Masyarakat KCU Taman Duta Mas dalam melakukan penyebaran informasi mengenai Aplikasi Digital Platform MyBCA kepada para nasabah. Menggunakan media yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dari penyebaran informasi. Tentunya dalam penyebaran informasi tersebut seringkali ditemukan kendala. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh BCA KCU Taman Duta Mas dan kendala yang ditemukan selama proses penyebaran informasi. Metode dalam penelitian ini bersifat kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam. Paradigma penelitian ini adalah Konstruktivisme yang mengedepankan studi kasus. Teknik keabsahan data menggunakan Metode Triangulasi Sumber. Dan teori yang digunakan ialah Teori 4 Langkah Hubungan Masyarakat dan 7 Cs Public Relations Communication. Hasil penelitian ini menunjukkan media komunikasi yang efektif menurut nasabah ialah ketika mereka berhadapan langsung dengan para Frontliner. Informasi yang di dapatkan menjadi lebih jelas dan detail dibandingkan dengan media lainnya. Serta hambatan yang ditemukan ialah orang tua yang memiliki keterbatasan dalam teknologi dan fitur MyBCA yang masih dalam proses pengembangan.
Copyrights © 2022