Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca menggunakan media gambar berupa dongeng pada murid kelas III UPT SDN 9 Bujung Tangaya Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Penelitian iniĀ dilakukan dalam dua siklus yang mencakup empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah murid kelas III UPT SDN 9 Bujung Tangaya Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep sebanyak 17 murid yang terdiri atas 9 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes (evaluasi), dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan membaca menggunakan media gambar berupa dongeng pada murid kelas III UPT SDN 9 Bujung Tangaya Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan membaca pada siklus I 66 dan yang tuntas 10 murid atau 59%, dan skor rata-rata keterampilan membaca murid pada siklus II meningkat menjadi 82 dan yang tuntas sebanyak 17 murid atau 100%. Di samping itu juga, data hasil observasi disetiap siklus menunjukan adanya perubahan sikap murid kearah positif. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa keterampilan membaca pada murid kelas III UPT SDN 9 Bujung Tangaya Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep dapat ditingkatkan melalui media gambar berupa dongeng.
Copyrights © 2023