cover
Contact Name
Edi Ilham
Contact Email
asianpublisher.id@gmail.com
Phone
+6285781169228
Journal Mail Official
asianpublisher.id@gmail.com
Editorial Address
Jl. R.H. Umar, Kampung Ceger, Jakasetia, South Bekasi
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Khasanah Pendidikan
Published by Asian Publisher
ISSN : -     EISSN : 29857317     DOI : -
Core Subject : Education,
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, dan kajian ilmiah atau kajian kritis-analitis di bidang pendidikan Kewarganegaraan, pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, dan Pendidikan Anak Usia Dini; yang memberikan sumbangan pada pemahaman, pengembangan teori serta aplikasinya terhadap kondisi pendidikan di Indonesia baik dalam skala nasional maupun lokal.
Articles 78 Documents
Analisis Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Di MA Muhammadiyah Nangahure Aprilia Nona Ema; Muhammad Fitri; Muhammad Amir
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.617 KB) | DOI: 10.58738/jkp.v1i1.26

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Prestasi belajar peserta didik serta upaya guru dan peserta didik dalam meningkatkan prestasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran Ekonomi dan Peserta Didik Kelas X IPS di MA Muhammadiyah Nangahure. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil observasi dan wawancara bahwa prestasi belajar peserta didik kelas X IPS belum sepenuhnya memenuhi kategori prestasi yang terdiri dari pengetahuan, sikap dan keterampilan Upaya yang dilakukan guru mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar yaitu memberikan materi dalam bentuk kuis ada diskusi agar bisa mengetahui bagaimana perkembangan prestasi belajar peserta didik, mendekati peserta didik yang tidak memperhatikan atau kurangnya konsentrasi dalam pelajaran di kelas. Upaya peserta didik kelas X dalam meningkatkan prestasi belajar yaitu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan, mempunyai niat untuk benar-benar mau menjadi yang terbaik di sekolah sehingga bisa mendapatkan prestasi yang baik, menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai peserta didik dengan baik.
Pengaruh Visi Dan Misi Terhadap Gaya Mengajar Dosen Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Politeknik LP3I Jakarta Jaenudin Akhmad; Sulaeman, Iman; Nur Haris Ependi
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.478 KB) | DOI: 10.58738/jkp.v1i1.33

Abstract

This research was conducted with the aim of knowing the influence of the vision and mission of educational institutions on the teaching style of lecturers and students' learning motivation at the LP3I Jakarta Polytechnic which is expected to be input or information and evaluation for the Jakarta LP3I Polytechnic to be taken into consideration and improvement in accordance with the policies and provisions stipulated apply and become material for discourse and study in an effort to broaden insight into issues related to the vision and mission of institutions and study programs, teaching styles of lecturers and student motivation. This study uses quantitative methods. The population in this study were all lecturers and students at the LP3I Jakarta Polytechnic in the 2015/206 academic year and the sampling in this study was carried out by purposive sampling method. Purposive sampling is a technique that mixes subjects in the population so that all subjects are considered equal, thus, the researcher gives equal rights to each subject to have the opportunity to be selected as a sample with certain criteria/objectives. Data collection was done through observation, interviews using a questionnaire with a data analysis tool, namely SPSS version 17.00
PENGARUH KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TALIBURA Elfransiana Nona Eti; Nurdin Abd Rahman; Muhammad Syahrun
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.401 KB) | DOI: 10.58738/jkp.v1i1.47

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesiapan (readiness) BelajarTerhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Talibura.Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (X) Kesiapan Belajar dan Variabelterikat (Y) Hasil Belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh Kesiapan Belajar peserta didik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 1 Talibura. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan korelasi product-moment dan uji-t. Analisis ini digunakan untuk menguji hipotesis mengenai ada tidaknya pengaruh antara kedua variabel. Sample penelitian ini menggunakan sample acak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho: Tidak Ada Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Talibura dan Ha: Ada Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Talibura dengan taraf signifikansi 5% atau dengan taraf kepercayan 95% dengan metode deskriptif korelasional. Berdasarkan kesiapan belajar rata-rata sebesar 75,62% sedangkan analisis hasil belajar (Mid) siswa rata-rata 74,25, dengan persamaan Regresi Y=7,234+0,999X dari pengujian uji “t” menghasilkan thitung = 9,399> ttabel 0,05 maka pada pengujian tersebut Ha diterima dan H0 ditolak yang berati diantara kesiapan belajar ada pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.
IMPLIKASI METODE INQUIRY TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH Putri Dewi Nailin Niswa; Tuti Marlina
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Januari 2023
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.5 KB) | DOI: 10.58738/jkp.v1i2.50

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti implikasi penggunaan metode pembelajaran inquiri terhadap hasil pembelajaran tematik di kelas 3 MI Al Fithrah Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak II siklus, sebelum melakukan siklus I peneliti melakukan pra siklus yaitu observasi tempat dan wawancara guru pamong. Peneliti melakukan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hal tersebut diulang pada siklus selanjutnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berdasarkan uji test yang sudah dilakukan, berupa soal adalah rata-rata nilai 62,8. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik dari hasil ujian dan test adalah 88,8 dengan persentase ketuntasa mencapai 94%. Jika dibandingkan kenaikan ketuntasan peserta didik sangatlah signifikan Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiry ini dapat memberikan implikasi yang cukup besar terhadap hasil pembelajaran tematik di kelas 3 MI Al Fithrah Surabaya.
MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 59 PANGKAJENE Sulaeha HM; Sulfah Yulianti; Abdul Azis; Jenita Ansar
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Januari 2023
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.668 KB) | DOI: 10.58738/jkp.v1i2.58

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada permasalahan kurangnya motivasi dan kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran IPS. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase ketercapaian indikator hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri 59 Pangkajene setelah diterapkan model pembelajaran Talking Stick  Adapun yang dianalisis adalah skor hasil belajar siswa yang diberikan pada setiap akhir siklus secara deskriptif, data mengenai perubahan sikap siswa yang diambil dari rekaman pengamatan, serta refleksi yang diberikan oleh siswa baik yang tertulis maupun komentar secara lisan. Berdasarkan data hasil belajar pada siklus pertama diatas dari 11 siswa dapat diketahui bahwa terdapat 4 (17%) orang siswa yang mendapat ketuntasan belajar. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar berjumlah 7 (78%). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa belum mencapai hasil yang optimal, masih banyak siswa yang belum mencapai KKM sekolah dan indikator keberhasilan. Berdasarkan data hasil belajar pada siklus kedua diatas dari 11 siswa dapat diketahui bahwa terdapat 18 (82%) orang siswa yang mendapat ketuntasan belajar. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar berjumlah 2 (18%). Pada siklus kedua dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar nilai hasil belajar siswa serta pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick  ini sudah dapat memenuhi indikator keberhasilan. Dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick dapat membawa perubahan positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI METODE BERNYANYI Suci Rahmayani; Nurmia; Nurbia
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Januari 2023
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (160.274 KB) | DOI: 10.58738/jkp.v1i2.63

Abstract

Rendahnya hasil belajar pada pembelajaran matematika pada siswa kelas I Di SDN 36 Biring Ere disebabkan kurangnya variasi metode dalam pembelajaran metematika sehingga mengurangi minat belajar pada pembelajaran matematika yang menyebabkan kurangnya kemampuan berhitung pada siswa kelas I. untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui metode bernyanyi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui metode bernyanyi pada kelas I di SDN 36 Biring Ere. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 23 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa.hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 14 siswa dari 23 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 61% dan daya serap klasikal sebesar 73%. Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 23 siswa dari 23 siswa yang mengikuti pembelajaran dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan daya serap klasikal sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan metode bernyanyi pada matapelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I di SDN 36 Biring Ere.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS III PERKALIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARIMATIKA Nur Hikmah AR; Nada Awalyah Ahmad; Husni Suwarni; Rusmiati; Abdul Azis; Sri Rahayu; Ratna
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.671 KB) | DOI: 10.58738/jkp.v1i1.65

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan metode jarimatika dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 59 Pangkajene pada materi operasi hitung perkalian. Metode jarimatika adalah cara sederhana dan menyenangkan untuk mengajarkan anak dasar-dasar aritmatika sesuai aturan, dimulai dengan pemahaman yang benar tentang konsep angka, simbol numerik dan operasi aritmatika dasar, dan kemudian mengajari mereka berhitung dengan jari. Proses dimulai, berjalan dan diakhiri dengan bahagia. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus pengumpulan data melalui observasi dan tes. Rata-rata indikator tes prestasi belajar matematika siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata tes prestasi belajar matematika siswa adalah 57.538 dan meningkat menjadi 69.076 pada siklus II. Tingkat penyelesaian siklus meningkat dari 0% pada siklus pertama menjadi 85% pada siklus kedua. Persentase ketuntasan siklus I sebesar 5% pada siklus I dan 15% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Jarimathics dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas SD Negeri 59 Pangkajene pada materi perkalian aritmatika.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 9 BUJUNG TANGAYA Nurul Qaidah; Amaliyah Azizah; Alfina Pratiwi; Andi Agus Nandi PW
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Januari 2023
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.348 KB) | DOI: 10.58738/jkp.v1i2.69

Abstract

Peningkatan Keaktifan Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Kooperatif Learning Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 9 Bujung Tangaya. Sebagai fasilitator guru harus mampu berkreasi dan memiliki berbagai Model yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Model mengajar merupakan cara agar siswa dapat menguasai materi pelajaran secara maksimal. Namun kenyataan di lapangan tidak semulus yang telah direncanakan Kenyataannya banyak siswa yang tidak dapat menguasai materi pelajaran. Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan mengacu pada metodologi action research, yaitu(1) perencanaan,(2) implementasi tindakan,(3) pengamatan dan evaluasi,(4) refleksi, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Latihan mandiri merupakan suatu latihan soal dengan cara siswa membuat soal beserta penyelesaiannya setelah mendapat materi dan disertai dengan contoh dan cara menyelesaikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Keaktifan Belajar pada Aktivitas Pembelajaran Melalui model kooperatif learning kelas IV Sekolah Dasar Negeri 9 Bujung Tangaya. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Berdasarkan pengamatan (observasi) awal peneliti hanya 24% siswa yang aktif dalam aktivitas pembelajaran Bahasa Indonesia. Selama penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) persentase tersebut meningkat menjadi 58% pada siklus pertama (I) dan menjadi 94% pada siklus ke dua (II). Hal ini menunjukan bahwa Dalam pelaksanaan pembelajaran melalui model koperatif learning dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 9 Bujung Tangaya.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD KELAS V UPT SDN 9 BUJUNG TANGAYA Nur Thita Darmayanti; Andi Mutiatul Awaliah; Baso Rahmat Nurhidayatullah; Helmi Arsyad
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Januari 2023
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.378 KB) | DOI: 10.58738/jkp.v1i2.70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas V dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu sebuah penelitian yang dilaksanakan didalam kelas sebagai upaya untuk mengkaji, menganalisa, secara kritis suatu rencana pembelajaran oleh guru, interaksi guru dengan siswa, serta bagaimana interaksi siswa dikelas. Peningkatan keterlaksanaan proses pembelajaran dikelas dari siklus I dengan nilai rata-rata 31,57% dengan kategori belum mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan, dan pada siklus II dengan nilai mencapai 52,63%. Hal ini berarti indikator penelitian telah tercapai dan tidak perlu melanjutkan pada siklus berikutnya.
UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN BELAJAR MELALUI MEDIA GAMBAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS II UPT SD NEGERI 11 PASUI Ummu Khaltsum; Maulidya Apriana; Rahmawati. A; Fitriah Cahyani, Suci; Ismail
JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2022
Publisher : ASIAN PUBLISHER

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.673 KB) | DOI: 10.58738/jkp.v1i1.72

Abstract

Efforts to Increase Learning Attention Through Media Pictures With Direct Instruction Learning Models in Grade II Students. This study aims to increase students' learning attention by using a learning model direct intruction. This type of research is classroom action research. This classroom action research uses a cycle model of planning, action, observation, and reflection. The subjects of this study were class II UPT SD Negeri 11 Pasui students. The number of students in the class were 13 students who consists of 3 male students and 10 female students. The results of the study show that the results of the evaluation of improvements in learning Indonesian appear to be quite good. Mastery of learning material increased from an average of 70 in the initial data, to 78 in the first cycle. Meanwhile, the level of learning completeness increased from only 36% in the initial data to 60% in the first cycle, there was an increase of 30% in the first cycle. cycle II there has been another increase to 81. Thus it can be seen that from the initial conditions to cycle I there has been an increase in grades meaning there has been an increase in learning. Then when viewed from cycle I to cycle II there is also an increase in the average value and the lowest score obtained by students. The results of this study can be concluded that using media images with the Direct Instruction learning model can increase students' attention in the learning process.