Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman
Vol. 5 No. 2 (2017): Pendidikan dan Keislaman

INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN UKHUWAH ISLAMIYAH, MENUJU PERDAMAIAN (SHULHU) DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL PERSPEKTIF HADIS

Ali Ridho (STAI Al-Khairat Pamekasan)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2018

Abstract

Tulisan ini menggunakan pendekatan pustaka (library) dan bertujuan untuk menjawab sebuah fenomena yang terjadi akhir-akhir ini yang menyedot energi masyarakat, yang memecah belah tali persaudaraan (ukhuwah). energi yang seharusnya digunakan untuk hal yang positif namun beralih pada hal-hal yang negatif. Dalam kontestasi politik di Jakarta, kompleksitas dualisme kelompok terlihat terang benderang, hitrogenitas etnis dan isu agama menjadi instrument untuk mencapai tirani dan kekuasaan. bagaimana Jakarta sebagai ibu kota Indonesia menjadi barometer dan indikator tingkat etika kedewasaan masyarakat bangsa dalam sebuah Negara. Tafsir Multikulturalisme untuk mencapai kesadaran majmuk menerima perbedaan menjadi keraguan dan tanda tanya ketika berhadapan dengan isu politik dan kekuasaan. Aksi damai menolak pemimpin non muslim membanjiri jalan memenuhi Monumen Nasional menjadi viral dan menjadi konsen utama (headline) insan jurnalisme yang berhari-hari. Tulisan ini berkesimpulan bahwa, untuk mencapai perdamaian (shulhu), persaudaraan (ukhuwah) harus dikontruksi sesuai dengan pesan profetik yaitu harus bertendensi ukhrawi. Karena tidak bisa dipungkiri persaudaraan yang terjalin pada zaman saat ini justru lebih materialistik pragmatis. Dalam Islam, konsep Pendidikan Ukhuwwah adalah meluruskan hati (tandzim al-qolb) serta mencitai saudara kita hanya karena Allah, dengan tiga bentuk Persaudaraan (ukhuwah); Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Basyariyah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kariman

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Focus and Scope The journal focuses its scope on the issues of Education and Islamic Studies. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...