Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman
Vol. 9 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Keislaman

Telaah Komparatif Kurikulum Lembaga Pendidikan Islam di Singapura dan Thailand

Muslih Muslih (Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan)
Nur Kholis (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Kajian komparatif konteks lembaga pendidikan Islam harus terus dilakukan demi perbaikan dan pembaharuan sistem lembaga pendidikan Islam yang ada pada suatu negara. Perlu dipahami bahwa setiap negara di dunia memiliki kearifan lokalnya masing-masing sebagai ciri khasnya. Baik dasar negara, sistem sosial, budaya, sistem hukum maupun sistem pendidikan yang diimplementasikan di dalamnya. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menelaah kurikulum pendidikan Islam yang ada di dua negara rumpun Melayu, membandingkan dan menganalisis baik persamaan maupun perbedaan sistem kurikulum institusi lembaga pendidikan Islam di Madrasah al-Juneid al-Islamiyah Victoria Lane Singapura dan Sekolah Puyud Pracharak Patani Thailand, untuk selanjutnya ditarik formula positif sebagai tambahan wawasan kajian kislaman khususnya pada bidang pendidikan Islam. Metode penelitian pada kajian ini, menggunakan studi pustaka (library research). Yang mana menelusuri literatur kepustakaan terkait komparasi lembaga pendidikan Islam. Hasil dari kajian ini, didapatkan persamaan konten kajian yang diinternalisasikan pada institusi pendidikan Islam di Singapura dan di Thailand, baik pada aspek kurikulum, aktivitas akademik pendidikan dan tantangan lembaga pendidikan Islam yang mana berusaha untuk membentengi peserta didik dari nilai-nilai modernisasi yang negatif dan pola kebijakan yang diterapkan pemerintah berupa dualisme sistem pendidikan yang agaknya menjadi problem tersendiri bagi kemajuan lembaga pendidikan baik di Singapura dan Thailand.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

kariman

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Focus and Scope The journal focuses its scope on the issues of Education and Islamic Studies. We invite scientists, scholars, researchers, as well as professionals in the field of Islamic Education to publish their researches in our Journal. The journal publishes high quality empirical and ...