Jurnal Manajemen Bisnis Almatama
Vol. 1 No. 2 (2022): September

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) KA. Kelas Ekonomi)

Cheidy, Lia Amalia (Unknown)
Hamzah, Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan dan dampaknya terhadap loyalitas pelanggan pada PT Kereta Api Indonesia (Persero) KA. Kelas Ekonomi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang dikuantitatifkan (berbentuk angka) yang diperoleh dengan kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan PT Kereta Api Indonesia (Persero) KA. Kelas Ekonomi yang berjumlah sebanyak 200 responden. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software LISREL 8.80 versi student. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,35, terdapat pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,60, terdapat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien sebesar 0,99, kualitas pelayanan dan harga dapat menjelaskan kepuasan pelanggan dengan nilai determinasi sebesar 0,85, kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan pelanggan dapat menjelaskan loyalitas pelanggan dengan nilai determinasi sebesar 0,61.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Financial Management,Marketing Management, Human Resource Management,Operasional Management, Strategic Managemet, e-Business,Supply Chain Management,Organizational Behavior, Entrepreneurship, Risk ...