Jurnal MADIA (Jurnal Humas dan Media Kontemporer)
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Humas dan Media Kontemporer (MADIA)

Analisis Personal Branding Selebgram di Sosial Media Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @dindamaulinaaa )

Karina, Melly Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Personal branding adalah identitas pribadi individu yang mampu menciptakan respon emosional orang lain terhadap kualitas dan nilai yang dimiliki individu dan cara untuk membangun merek atas diri seseorang. Dinda Maulina merupakan contoh personal branding yang sukses di internet melalui media sosial instagramnya. Dinda merupakan selebgram dan influencer dibidang fashion. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk menganalisis bagaimana personal branding yang dilakukan Dinda Maulina melalui instagram nya berdasarkan delapan konsep utama personal branding (the eight laws of personal branding)  dan karakteristik personal branding yang kuat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan data-data sekunder yang bersumber dari tulisan yang dipublikasikan di instagram (@dindamaulinaaa) dan publikasi-publikasi lainnya yang berisi wawancara dengan Dinda. Untuk menganalisis hasil penelitian, peneliti melakukan proses kategorisasi untuk  mendeskripsikan informasi yang diperoleh dan menganalisis hasil penelitian dengan kajian pustaka. Berdasarkan atas hasil penelitian, personal branding Dinda Maulina melalui instagram nya memenuhi keseluruhan 8 konsep utama personal branding dan karakteristik personal brand yang kuat.Kata kunci: Personal branding, selebgram, influencer, Dinda Maulina

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

madia

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Humas dan Media Kontemporer, merupakan jurnal ilmiah dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Ilmiah ini diperuntukkan bagi akademisi, praktisi, mahasiswa ilmu ...