Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Vol 9 No 2 (2021): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan

PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN DI SMP

Ayu Asmarani (Unknown)
Susi Purwanti (Unknown)
Suryawahyuni Latief (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran (e-supervison) di SMPN 21 Batang Hari. E-supervision merupakan suatu bentuk pembaharuan dalam pelaksanaan supervisi pembelajaran yang dilaksanakan oleh supervisor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini yaitu guru pembelajaran, sedangkan subjek penelitian meliputi kepala sekolah dan pengawas sekolah...Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta analisis domain..Hasil.penelitian menunjukkan bahwa supervisi pembelajaran berbasis teknologi telah dilakukan, tetapi dalam pelaksanaannya belum optimal. Supervisi elektronik yang digunakan meliputi aplikasi zoom, google meet, dan whatsappgroup. Adapun kendala dalam pelaksanaan e-supervision di SMPN 21 Batang Hari meliputi guru kesulitan dalam menggunakan teknologi dalam pelaksanaan supervisi. Hal ini dikarenakan pengaksesan jaringan internet yang tidak stabildan kebutuhan akan paket internet secara pribadi. Proses pelaksanaan supervisi dimulai dengan kegiatan pra supervisi,kegiatan supervisi yang dijadwalkan relevan dengan jam mengajar guru, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan refleksi. Supervisi berbasis teknologi dilakukan untuk memberikan pembinaan terkait kendala dan perbaikan ke arah proses pembelajaran yang diharapkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Edutainment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan menerima artikel ilmiah hasil penelitian tentang ilmu pendidikan dan kependidikan Berbahasa Indonesia atau Inggris. Kontributor meliputi dosen, guru, dan praktisi ...