Rumusan masalah ialah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara nilai mata kuliah strategi pembelajaran geografi dan mata kuliah perencanaan pembelajaran geografi dengan nilai praktik mengajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui korelasi nilai mata kuliah strategi pembelajaran geografi dan mata kuliah perencanaan pembelajaran geografi dengan nilai praktik mengajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Pendekantan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi.Populasinya adalah seluruh mahaiswa yang sedeng mengambil program praktik mengajar.Jumlah sampel sebanyak 34 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi dan dokumentasi.Teknik pengolahan data menggunakan teknik regresi linier berganda dan korelasi berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara nilai mata kuliah strategi pembelajaran dan perencanaan pembelajaran geografi dengan nilai praktik mengajar mahasiswa jurusan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala.
Copyrights © 2017