Jurnal Pendidikan Geosfer
Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Geosfer

KORELASI NILAI MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN NILAI PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA JURUSAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Nur Atika (Universitas Syiah Kuala)
Hasmunir Hasmunir (Universitas Syiah Kuala)
Thamrin Kamaruddin (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2017

Abstract

Rumusan masalah ialah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara nilai mata kuliah strategi pembelajaran geografi dan mata kuliah perencanaan pembelajaran geografi dengan nilai praktik mengajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui korelasi nilai mata kuliah strategi pembelajaran geografi dan mata kuliah perencanaan pembelajaran geografi dengan nilai praktik mengajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Pendekantan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi.Populasinya adalah seluruh mahaiswa yang sedeng mengambil program praktik mengajar.Jumlah sampel sebanyak 34 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket, observasi dan dokumentasi.Teknik pengolahan data menggunakan teknik regresi linier berganda dan korelasi berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara nilai mata kuliah strategi pembelajaran dan perencanaan pembelajaran geografi dengan nilai praktik mengajar mahasiswa jurusan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, ...