Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran team quiz lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran team games tournament pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1 dan VIII-3 SMP Negeri 11 Banda Aceh dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan Purposive sampling yaitu memilih kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, yaitu pretest dan post-test. Hipotesis diuji dengan menggunakan rumus statistik uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai thitung =2,88 dan ttabel = 1,68 untuk taraf signifikansi 5% (uji satu pihak) dengan derajat kebebasan (dk = 20 + 19 – 2 = 37) sesuai dengan kriteria uji terima Ha jika thitung lebih besar dari ttabel. Sesuai dengan hasil yang diperoleh di atas maka thitung lebih besar dari ttabel hipotesis Ha diterima, ini berarti bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Quiz lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Negeri 11 Banda Aceh.
Copyrights © 2017