Journal of Language Education (JoLE)
Vol 2 No 1 (2018): Mei

Bahasa Penyajian Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Semester I Penerbit Erlangga Karangan Engkos Kosasih Dengan Kurikulum 2013

lasmi atun (Universitas Baturaja)



Article Info

Publish Date
01 May 2018

Abstract

Tulisan ini membahas redaksi penyajian bahasa pada salah satu buku teks yang digunakan di sekolah berdasarkan kurikulum 2013. Hal tersebut bertujuan untuk melihat apakah sebuah buku teks dapat memberikan pengalaman batin yang berbeda pada siswa sesuai dengan aspek perkembangan serta kemampuan berpikir. Selain itu, apakah bahasa penyampaian pada buku teks ini dapat membentuk karakter siswa seperti yang diharapkan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Keberadaan buku teks yang dipakai di sekolah memiliki peran penting dalam membantu kegiatan belajar mengajar, terutama sehubungan dengan pembelajaran teks yang diberikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam tulisan ini, penulis memberikan gambaran mengenai penggunaan bahasa dan penyajiannya pada buku teks. Berdasarkan hasil uraian keempat bab dari buku teks Engkos Kosasih terdapat pemakaian bahasa yang tidak sesuai dengan kesantunan berbahasa, muatan isu SARA dan kemasan materi yang cukup berat berada pada jenjang SMA. Guru memiliki peran penting dalam pembelajaran. Untuk itu, guru harus mampu memilah dan memilih buku teks yang tepat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia agar dapat membimbing siswa terampil berbahasa dengan baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JoLE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Language Education (JoLE) with E-ISSN 2581-1789 aims at providing a forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning methodologies ...