AL-KILMAH
Vol. 1 No. 1 (2022): June 2022. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora

Kesalahan Siswa dalam Menerjemahkan Materi Bacaan Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia

Muzia Ranselengo (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Mukhtar I Miolo (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui kesalahan yang dialami siswa dalam menerjemahkan materi bacaan bahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dan ingin mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yakni melalui tes dan wawancara. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa MA Al-Khairaat Bintauna kelas XI Agama berjumlah 21 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesalahan siswa dalam menerjemahkan materi bacaan bahasa Arab pada kalimat pertama dan kedua sebesar 48%, sedangkan pada kalimat ketiga sebesar 19%, kalimat keempat sebesar 29% dan kalimat kelima sebesar 33%. Dengan kategori kesalahan terjemahan sangat tinggi sebesar 28.6 %, siswa mengalami kesalahan menerjemahkan dengan kategori sangat tinggi, kesalahan dengan kategori sedang sebesar 4.8 %, dengan kategori rendah sebesar 14.3 % dan kesalahan siswa dalam menerjemahkan dengan kategori sangat rendah sebesar 19.0 %. Adapun bentuk kesalahan siswa pada kalimat pertama yakni dilihat dari aspek penghilangan sebesar 14 %, dan salah formasi 4 %. Pada kalimat kedua, dari aspek penambahan 9 % dan salah formasi 33 %. Pada kalimat ketiga, dari aspek penghilangan sebesar 100 %, penambahan 19 %, dan salah formasi 9 %. Dan pada kalimat keempat, dari aspek penghilangan sebesar 71 %, salah formasi 71 %. Serta pada kalimat kelima, dari aspek penghilangan sebesar 80 %, salah formasi 4 %, dan salah susun 4 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AL-KILMAH

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AL-KILMAH Journal; published twice a year since 2022 (June and December), is a multilingual (Bahasa Indonesia, Arabic, and English). This journal is published by Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Department of Arabic Language Education, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia. Editors welcome ...