Pemahaman konsep merupakan unsur penting dalam belajar matematika di sekolah dasar. Penguasaan terhadap konsep, memungkinkan seorang dapat memecahkan masalah dengan lebih baik, sebab untuk memecahkan masalah perlu aturan-aturan, dan aturan-aturan tersebut didasarkan pada konsep yang dimiliki. Dalam pemahaman konsep matematika dapat digunakan pendekatan matematika realistik, karena dengan pendekatan ini guru dipandang sebagai fasilitator, moderator dan evaluator yang menciptakan situasi dan menyediakan kesempatan bagi siswa untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika dengan cara mereka sendiri. Di samping pendekatan guru dapat menggunakan media, sebab media sangat berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, termasuk untuk peningkatan kualitas pembelajaran matematika. Dengan penggunaan media, pemahaman konsep dan symbol matematika yang tadinya bersifat abstrak menjadi konkret. Sehingga dalam pemahaman konsep dan symbol matematika mahasiswa sebagai calon guru dilatih membuat media matematika sederhana yang dapat digunakan dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.
Copyrights © 2023