- Karakter sopan santun adalah perilaku kebaikan didasarkan pada perasaan untuk menghargai diri sendiri, orang lain, menghargai lingkungan yang ditunjukan dengan perilaku yang menyayangi dan menghormati diri sendiri, orang lain dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan sekolah dengan karakter sopan santun siswa kelas V di SDN Duri Kosambi 07 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang memiliki empat rombel yaitu VA, VB, VC, VD dengan jumlah seluruhnya 120 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan jumlah keseluruhan sampel yaitu 92 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket lingkungan sekolah dan karakter sopan santun serta dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Croanbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis data memakai uji normalitas dan homogenitas. Pengujian hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dn uji T. Hasil uji hipotesis (uji t) memperlihatkan bahwa thitung bernilai lebih besar dari pada ttabel yaitu 4,498 > 1,660 dengan perolehan jumlah signifikansi 0,000 < 0,05 dengan nilai Hₐ diterima sedangkan Hₒ ditolak. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwasanya hubungan antara kedua variabel tersebut memiliki korelasi yang kuat.
Copyrights © 2023