Kompetensi profesional merupakan suatu keterampilan atau kualifikasi yang harus dimiliki oleh guru BK untuk penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling. penelitian ini membahas tentang kompetensi guru BK dalam memahami kebutuhan peserta didik yang ingin dilayani, kompetensi menguasai landasan teoritik bimbingan dan konseling, kompetensi untuk menyelenggarakan bimbingan dan konseling yang memandirikan, kompetensi mengembangkan pribadi dan profesionalitas secara berkelanjutan. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggambarkan sesuatu dengan apa adaya. Menggunakan cara observasi, wawancara dan dukumentasi. Hasil penelitian menunjukan guru BK mulai memahami kebutuhan peserta didik, belum terkuasai seutuhnya skill teoritik dalam konseling individual dan telah mampu membuat program-program bimbingan dan konseling namun kegiatan yang dilakukan belum mencapai hasil yang maksimal karena pelaksanaannya masih secara umum belum mendalam dikarenakan guru BK di SMPN 2 Kubung Kabupaten Solok masih butuh pengasahan kembali terhadap kompetensi-kompetensi profesional dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.
Copyrights © 2020