Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep bilangan pecahan peserta didik kelas II menggunakan model luas dan model panjang dengan teori Bruner. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di SDN 1 Randublatung pada kegiatan Kampus Mengajar angkatan 3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengenalan konsep bilangan pecahan perlu diperhatikan pemilihan teori belajar dan model yang digunakan. Dalam penelitian ini, teori belajar yang digunakan dalam mengenalkan konsep pecahan adalah teori Bruner, sedangkan model yang dipakai adalah model luas dan model panjang. Pengenalan konsep bilangan pecahan menggunakan model panjang dengan teori Bruner lebih efektif digunakan karena menggunakan konsep angka pada panjang ukuran sehingga peserta didik tidak kesulitan dalam menentukan panjang ukuran yang akan dibagi. Sedangkan pengenalan konsep bilangan pecahan menggunakan model luas berbantuan alat peraga berbentuk lingkaran dengan teori Bruner terdapat kendala pada bilangan pecahan dengan penyebut ganjil peserta didik kesulitan membagi luas sehingga bagian yang dibagi tidak kongruen.
Copyrights © 2023