Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi

Fatmawati Fatmawati (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Musnar Indra Daulay (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Ramdhan Witarsa (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IV SD Negeri 006 Langgini. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian adalah hasil belajar siswa yang diperoleh melalui Ulangan Harian pada akhir siklus, aktivitas guru yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa. Pembelajaran IPS di SD Negeri 006 Langgini masih tergolong rendah hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang hanya mencapai 61,45 ini disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan selama ini menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran (teaching center), metode pembelajaran yang monoton dimana siswa hanya menerima materi pembelajaran dan siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran serta terkadang siswa tidak memiliki keberanian mengemukakan ide-idenya karena merasa kurang yakin terhadap apa yang akan dikemukakan sehingga siswa cenderung pasif atau tidak ikut berpartisipasi dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan pada saat guru menerangkan materi di depan kelas. Siswa tidak bersemangat mengerjakan latihan yang diberikan guru dan hanya menunggu dari teman-teman. Untuk mengatasinya hal yang harus dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Salah satunya adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.. Analisis hasil belajar siswa pada skor dasar rata-ratanya 61,45 dan ketuntasan belajar klasikal 29,17% ,siklus I rata-ratanya 67,30 dan ketuntasan belajar klasikal 66,67%, siklus II rata-ratanya 73,75 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 006 Langgini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...