EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023)

Peranan Guru Menangani Sifat Pemalu Anak Melalui Permainan Edukatif

Nurul Azizah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Na'imah Na'imah (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
Suyadi Suyadi (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Peranan guru dalam menangani sifat pemalu anak masih kurang. Sehingga aspek perkembangan anak stagnan tidak menunjukkan perubahan. Padahal profesionalitas guru sangat ditekankan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menggambarkan peranan guru dalam menangani sifat pemalu anak melalui permainan edukatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi guru dalam menangani sifat pemalu pada anak sangat dibutuhkan. Selain itu, perlu ketelatenan guru dalam menumbuhkan sikap percaya diri pada anak pemalu. Dalam penelitian ini, guru menstimulus kepercayaan diri anak pemalu melalui tiga permainan edukatif tradisional, yaitu lompat tali, ucing bancak, dan ular naga. Permainan yang dilakukan sangat fleksibel sesuia dengan situasi dan kondisi anak. Permainan pertama hingga ketiga yang diikuti anak pemalu menunjukkan adanya perubahan walau hanya sedikit. Pada permainan pertama, anak belum menunjukkan respon sampai mulai ada respon seperti, yang tadinya diam saja ketika dipanggil, sampai mau menoleh dan melempar senyum kepada yang memanggil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...