JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Analisis Kebutuhan: Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pembelajar Fisika bagi Peserta didik di Pulau Enggano

Elsi Adelia Fitri (Program Studi Magister Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Bengkulu)
Bhakti Karyadi (Program Studi Magister Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Bengkulu)
Henny Johan (Program Studi Magister Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2023

Abstract

Perkembangan dibidang Pendidikan dapat ditunjukan dengan munculnya berbagai sumber belajar, metode pembelajaran dan media pembelajaran yang begitu canggih dari cetak menjadi elektronik. Salah satunya dapat berupa media augmented reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran fisika di SMA di Pulau Enggano. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sampel penelitian adalah 23 siswa dari kelas XII MIPA. Instrumen pengumpul data yaitu angket, pedoman wawancara untuk guru, analisis dokumen bahan ajar, lembar observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran yang digunakan berupa handphone, infocus dan ppt. Siswa lebih tertarik jika lebih banyak menggunakan video, animasi dan dapat digunakan dengan mudah mengingat terdapat beberapa kendala yang di hadapi di wilayah Pulau Enggano. Sehingga siswa membutuhkan media tambahan dalam proses pembelajaran yang dapat memudahkan dalam memahami materi fisika seperti media (AR). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajar fisika di SMA Pulau Enggano masih memerlukan pengembangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...