Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan layanan bimbingan belajar dalam mengembangkan minat belajar remaja Desa Karya Jadi Kecamatan Batang Serangan. Fokus pembahasan meliputi bentuk program layanan belajar, proses pelaksanaan layanan bimbingan belajar, dan evaluasi layanan bimbingan belajar dalam mengembangkan minat belajar remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisa menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, dengan unsur dasar kriteria berupa kredibilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Melalui kegiatan upaya meningkatkan minat belajar siswa Karya Jadi, dapat dengan melakukan dan memberikan bimbingan belajar gratis agar tercapainya tujuan yang diinginkan; (2) Dampak positif dari bimbingan belajar gratis, yaitu siswa dapat mengulang pelajaran di sekolah di bawah bimbingan yang lebih mengetahui, siswa lebih bisa mengekspresikan diri untuk memperoleh ilmu yang didapat; (3) Hambatan yang ditemukan peneliti pada saat melakukan bimbingan belajar, yaitu: kurangnya fasilitas dalam memaksimalkan bimbingan belajar contohnya papan tulis, tidak setara dengan kepulangan siswa dari sekolah yang membuat tidak terkumpulnya dengan maksimal siswa yang akan melakukan bimbingan belajar bersama, hambatan dan kondisi situasi siswa yang mengharuskannya membantu orang tua di rumah.
Copyrights © 2023