JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pola Pengasuhan Anak pada Keluarga Petani Melayu di Desa Karya Jadi Kecamatan Batang Serangan Kabupaten Langkat

Nurhayani Nurhayani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Azzahra Agna (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Helvi Serah Dalimunthe (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Intan Khoiriah Sitorus (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)
Nurin Syahfitri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Pola asuh keluarga petani Melayu di Desa Karya Jadi. Orang tua yang memiliki 2 sampai 5 anak untuk mengasuh dan diri sendiri bekerja sebagai petani, menghabiskan hampir 9 jam di ladang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguraikan praktik pengasuhan yang digunakan oleh keluarga petani Melayu di Desa Karya Jadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data, dan observasi dan wawancara digunakan sebagai alat pengumpulan data. Analisis data kualitatif dari temuan penelitian mengungkapkan bahwa keluarga petani Melayu di Desa Karya Jadi menganut dua filosofi pengasuhan: pola demokratis dan otoriter. Masalah diselesaikan dalam rumah tangga yang demokratis dengan teguran, penjelasan, dan hukuman sebagai hukuman digunakan untuk menciptakan anak-anak yang percaya diri, merasa diterima di masyarakat, bekerja sama dengan baik, ramah, dan selalu ingin tahu. Sebaliknya, pemecahan masalah dalam keluarga dengan pola otoriter ditandai dengan praktik orang tua yang marah memukul anaknya ketika berhasil dan tidak pernah memberi selamat atau memberi hadiah. Hal ini menyebabkan remaja menjadi penakut, penakut, minder, dan mudah tersinggung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...