Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif media kartu berpasangan dalam mengenalkan kosakata Bahasa Inggris anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi I Bukit Tandang, Kabupaten Solok. Sampel penelitian sebanyak 20 anak yang di mana 10 sampel kelas eksperimen dan 10 sampel kelas kontrol. Metode yang dipakai yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperiment. Pengelolaan data memakai bantuan dari SPSS 21.0 for windows. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang dipakai ialah tes perbuatan serta tes dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu berpasangan efektif dalam mengenalkan kosakata Bahasa Inggris pada anak usia dini. Dilihat dari kelas eksperimen yang menggunakan kartu berpasangan mendapatkan nilai lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang memakai media flashcard. Hasil dari penelitian terlihat bahwa variasi data N-gain untuk kelas eksperimen dengan menggunakan media kartu berpasangan dan kelas kontrol menggunakan media flashcard adalah homogeny. Kemudian berdasarkan tabel diketahui nilai sig (2-tailed) adalah sebesar 0,027 < 0,05, terdapatnya perbedaan yang signifikan antara penggunaan media kartu berpasangan dan kelas kontrol menggunakan media flashcard sebesar 4,56 sehingga tingkat perbedaannya tergolong tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan efektifitas yang signifikan antara penggunaan media kartu berpasangan dengan perlakuan yang diberikan oleh guru dalam pengenalan kosakata Bahasa Inggris anak usia dini.
Copyrights © 2023