JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

The Analysis of Relationship Between Student Learning Motivation And Student Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Devin Mahendika (Program Studi Profesi Dokter, Universitas Andalas)
Nurul Hikmah (Program Studi PGSD, UWGM Samarinda)
Kraugusteeliana K (Program Studi Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Firman Aziz (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pendidikan Indonesia)
Buyung Firmansyah (Program Studi Pendidikan Umum, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Indonesia terus mendapat peringkat buruk dalam peringkat PISA untuk negara-negara dengan hasil belajar yang buruk karena kurangnya keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir tingkat tinggi berhubungan dengan keinginan belajar untuk hasil belajar Kimia Kesetimbangan. Metodologi kuantitatif dan survei digunakan dalam studi korelasional ini. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang melibatkan 191 orang. Kuesioner berisi 47 pernyataan dan esai berisi 16 pertanyaan digunakan sebagai instrumen tes untuk mengevaluasi kemampuan berpikir tingkat tinggi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 22 dan analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan adanya hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan motivasi belajar kimia, serta hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dan motivasi belajar kimia dengan nilai sig. < 0,05. Inovasi merupakan prediktor terbaik dari kemampuan berpikir tingkat tinggi dan memiliki tujuan dan sasaran untuk masa depan, merupakan indikator motivasi belajar yang terbaik. Jadi, ada hubungan antara kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dengan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...