JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Penggunaan Media Sosial Tik Tok dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMK Al Khairiyah Bahari Jakarta

Desy Anggraini (Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI)
Maemunah Nurmayasari (Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI)
Saripah Saripah (Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi media sosial TikTok terhadap motivasi berprestasi siswa SMK Al Khairiyah Bahari di Jakarta, Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 122 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik non-probability sampling (purposive sampling). Siswa dalam penelitian ini adalah kelompok sampel yang memiliki aplikasi TikTok di perangkatnya. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penggunaan media sosial TikTok dengan motivasi berprestasi siswa SMK Al Khairiyah Bahari Jakarta. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan media sosial TikTok memiliki motivasi berprestasi yang lebih rendah dibandingkan siswa yang tidak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin sering siswa menggunakan TikTok maka motivasi berprestasinya akan semakin rendah. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan orang tua untuk memantau dan membatasi penggunaan media sosial oleh siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...