JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Implementasi Video Animasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Tarigh di Satit Phatnawitya Thailand

Anisa Putri (Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Hasrian Rudi Setiawan (Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rizka Harfiani (Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Video animasi adalah media pembelajaran atau dalam kegiatan belajar mengajar dengan menampilkan gambar hidup, yang apabila suatu materi pembelajaran dituangkan dalam bentuk audio visual (bergerak, berwarna dan bersuara) kemungkinan akan menarik minat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran sehingga siswa akan termotivasi juga dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar tarigh. Berdasarkan latar belakang di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi video animasi bisa memotivasi siswa, serta untuk mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat serta solusinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsif dan jenis penelitian studi kasus untuk mengetahui sebuah kasus untuk dikaji secara mendalam dan dideskripsikan secara rinci.Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis data terdiri dari pengunpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu video animasi dengan menggunakan layanan media streaming digital dalam pembelajaran tarigh sangat memotivasi siswa dalam memahami pelajaran tarigh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...