JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Siswa Sekolah Dasar

Teti Zubaidah (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Masrul Masrul (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Ramdhan Witarsa (Program Studi S2 Pendidikan Dasar, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertolak dari masih banyaknya siswa yang belum mencapai ketuntasan hasil belajar IPA dengan jumlah siswa yang tidak tuntas 20 siswa (57,14%). Sedangkan siswa yang tuntas hanya berjumlah 15 siswa (42,86%). Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh paparan yang jelas, rinci, dan mendalam tentang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran materi kenampakan bumi dan benda langit dengan model pembelajaran Snowball Throwing di kelas IV SDN 013 Tanjung Berulak, dan hasil belajar siswa dikelas IV SDN 013 Tanjung Berulak setelah mengikuti pembelajaran kenampakan bumi dan benda langit dengan model pembelajaran Snowball Throwing. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 013 Tanjung Berulak. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, pengamat, dan siswa kelas IV SDN 010 Sawah Kampar Utara yang berjumlah 35 orang siswa, yang terdiri dari 15 orang laki-laki, dan 20 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pada sebelum Tindakan siswa yang tuntas hanya 15 orang siswa atau 42,86%. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 19 orang siswa atau 54,29%. Pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 35 orang siswa atau dengan persentase 100%. Dengan demikian keberhasilan siswa pada siklus II telah melebihi 75%. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...