JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengembangan Media Video Animasi Kartun Kelas V Sekolah Dasar

Sella Pebriani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau)
Dea Mustika (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media video animasi kartun pada pembelajaran tematik tema 2 subtema 1 untuk siswa kelas V dan mengetahui validitas media pembelajaran video animasi kartun. Metode ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu 1) tahap analisis terdiri dari analisis guru dan siswa, kurikulum, analisis lingkungan belajar; 2) tahap design terdiri dari menentukan sumber dan menentukan software; 3) tahap pengembangan yaitu proses merealisasikan rancangan menjadi sebuah produk dan menguji validasi terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi kartun memenuhi kriteria sangat valid ditinjau dari berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Pada aspek materi memperoleh presentase 95,30% dengan kategori sangat valid, aspek desain 85,29% dengan kategori sangat valid, dan aspek bahasa 98,17% dengan kategori sangat valid. sehingga media video animasi kartun ini memperoleh rata-rata 93% dengan kriteria sangat valid tanpa revisi. 4) tahap implementasi, yaitu tahap uji coba media video animasi kartun kepada 5 orang siswa untuk mengetahui kemudahan media video animasi kartun tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...