TUNAS BANGSA
Vol 9 No 2 (2022)

META ANALISIS PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD

Ahmad Rustam (Universitas Sulawesi Tenggara)
Tanjung Niasari (Universitas Sulawesi Tenggara)
Chairan Zibar L. Parisu (Universitas Sulawesi Tenggara)
Itsnain Alfajri Husain (Universitas Sulawesi Tenggara)
La Sisi (Universitas Sulawesi Tenggara)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar dalam beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode meta analisis. Penulis mereview secara sistematik hasil penelitian pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa dasar yang populasi dan sampelnya diambil dari jurnal sebelumnya pada basis data google scholar atau google cendekia. secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 57,56 menjadi 75,45. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan kan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tunasbangsa

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Bangsa Journal is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in the field of primary school education, critical study of teaching and learning for primary school, classroom action ...