Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam merumuskan dan mensosialisasikan visi-misi sekolah, menerapkan manajemen partisipasi, memberikan dukungan pembelajaran, pemantauan pembelajaran, dan sebagai fasilitator di SMA Negeri 1 Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif rancangan studi kasus. Sumber datanya kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru mata pelajaran, komite sekolah, pengawas dan didukung dengan pengamatan serta pengecekan dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu : reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : secara umum, kepala SMA Negeri 1 Oksibil telah mengimplementasikan kepemimpinan pembelajaran yang diwujudkan melalui kegiatan merumuskan dan mensosialisasika visi-misi pada warga sekolah; melibatkan pemangku kepentingan dalam pengelolaan sekolah; memberikan dukungan utama dalam pembelajaran; memantau pelaksanaan proses pembelajaran; memfasilitasi pembinaan guru dalam program PKB guru namun belum optimal dalam melengkapi jurnal mengajar dan kelas, refleksi PTK, dan pengembangan metode-media pembelajaran.
Copyrights © 2022