Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)
Vol. 4 No. 2 (2022): Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM)

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK UMKM YANG DIKELOLA OLEH PEREMPUAN DI KABUPATEN MALANG

Melany, Melany (Unknown)
Nirwana, Aditya (Unknown)
Mukhlis, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2023

Abstract

UMKM merupakan penggerak utama perekonomian masyarakat dan elemen penting dalam melesatkan pertumbuhan ekonomi nasional, yang sebagian besar dikelola oleh perempuan. Di Malang Raya, terdapat 750 UMKM yang dikelola oleh perempuan. Selama masa pandemi Covid-19, banyak kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah ataupun bukan, namun masih kurang maksimal karena masih terbatas dan pelatihan online juga dirasakan belum tepat sasaran. Kegiatan ini bertujuan memberikan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas UMKM khususnya pendam- pingan pemasaran digital sehingga pelaku UMKM perempuan mampu melakukan pemasaran digi- tal secara mandiri dalam jangka panjang. Pelatihan dan pendampingan yang meliputi beberapa topik antara lain: (1) dasar pemasaran digital, (2) branding digital, (3) penggunaan Canva untuk desain media sosial, (4) fotografi produk, (5) copywriting, (6) penggunaan Destypage, (7) pemasaran berbasis pelanggan, dan (8) desain template Instagram. Delapan topik tersebut diberikan dalam bentuk materi dan praktik dalam tiga kali pertemuan yang dilaksanakan di Universitas Ma Chung dan diikuti oleh 8 UMKM Kabupaten Malang yang dikelola oleh perempuan. Hasil dari kegiatan ini memberikan dampak positif dan perubahan yang signifikan, yakni meningkatnya kemampuan perempuan dalam mengelola pemasaran digital, khususnya pemasaran di media sosial. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya performa pemasaran digital yang diukur dari engagement rate akun media sosial masing-masing UMKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

LeECOM

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community (LeECOM) (p-ISSN 2686-2786 and e-ISSN 2685-8630) is published twice a year in the months of May and November. It publishes manuscripts within the fields of entrepreneur and community service. Jurnal Leverage, Engagement, Empowerment of Community ...